Selasa, 09 April 2013

VIRUS

Cara Mengembalikan Folder Yang hilang di Flash Disk Akibat Terkena Virus


Pada kesempatan kali ini Tiar- Hacker Akan membuat tutor bagaimana cara mengembalikan folder - folder / file yang hilang di dalam flash disk akibat terkena virus . anda mendapati folder-folder yang berisi data-data yang sangat penting tiba-tiba folder itu hilang di FlashDisk anda?
bagaimana mengatasinya ? Banyak kemungkinan hilangnya folder-folder tersebut, bisa terdelete, kesalahan/error pada flashdisk-nya atau juga bisa karena virus misalnya shorcut. maka dari itu

Software bantuan yang diperlukan :
  • AntiVirus , saya sarankan AVG Free 2012, bisa didownload di SINI.
  • Unlocker 1.9.1 yang bisa di download di SINI 
Pada tutor ini saya tidak membahas secara detail tetapi, hanya membahas bagaimana cara pembasmian virus-virusnya tetapi lebih kepada cara mengembalikan folder-folder yang hilang pada flashdisk sebagai efek dari Virus . Berikut ini adalah langkahnya :
  1. Download dan install AVG Free 2012 dan Unlocker 1.9.1, untuk AVG sebaiknya diupdate terlebih dahulu.
  2. Scan flashdisk anda dengan AVG Free 2012
  3. Berikut ini salah satu contoh kasus flashdisk yang folder-foldernya hilang akibat virus, yang ada tinggal shortcut dari nama folder yang berada di flash disk.
  4. Sebenarnya virusnya sudah bisa dikenali dan didelete langsung oleh AVG, tetapi efeknya folder-folder masih tetap disembunyikan (hidden). Untuk mengetahuinya coba pada Windows Explorer klik “TOOLS – FOLDER OPTIONS”, seperti berikut :
    Kemudian, klik TAB “VIEW”. Pada bagian Hidden files and folders, pilih “Show hidden files, folders and drives”. Dan untuk opsi-opsi yang lainnya silahkan lihat gambar dibawah ini :
  5. Dan ini tampilan pada flashdisk setelah opsi2 di langkah no.4 diaktifkan :
  6. Dari gambar diatas tampak bahwa sebenarnya folder-folder di flashdisk sengaja disembunyikan oleh virus dan diubah menjadi shortcut. Ciri-ciri folder yang dihidden adalah gambar icon-icon foldernya tampak pudar (). Untuk mengembalikannya dengan cepat caranya adalah :
    • Masuk ke command prompt, dengan cara klik “Start – All Programs – Accesories – Command Prompt”
      atau dari menu “RUN”, ketik cmd dan tekan OK/Enter.
    • Karena pada contoh ini flashdisk terdeteksi sebagai drive S, maka pada command prompt, pindahkan dahulu drive yang aktif ke drive S, caranya ketikkan S: (ketik S diikuti dengan titik dua).
      Catatan : untuk drive-nya silahkan disesuaikan dengan nama Drive FlashDisk yang terdeteksi di komputer anda masing-masing (bisa D, E, F, G, H, dll).
    • Langkah selanjutnya adalah ketikkan: ATTRIB /?
      Perintah ATTRIB (Attribute) adalah perintah DOS yang berfungsi untuk mengubah attribut2 dari files atau folders. Untuk melihat Opsi-opsinya silahkan ketik : ATTRIB /?
      Untuk kedua langkah diatas, perhatikan gambar berikut ini :
    • Selanjutnya Ketikkan perintah: ATTRIB -R -A -S -H /S /D lalu tekan ENTER
    • Gambar diatas adalah hasil dari perintah (ATTRIB -R -A -S -H /S /D), perhatikan pada bagian yang dilingkari warna kuning bahwa ada folder yang tidak bisa diubah attributnya, yaitu folder (s:\autorun.inf\con). Sebenarnya folder ini adalah folder bawaan/back-up dari si VIRUS, biasanya tidak bisa didelete langsung dan salah satu cara yang efektif adalah menggunakan “Unlocker“, caranya :
    • Klik kanan pada folder “\autorun.inf”, kemudian klik “Unlocker”
    • Pada menu dropdown di Unlocker, pilih Delete lalu klik OK
    • Berikut keterangan bahwa folder “\autorun.inf” sudah berhasil didelete.
    • Untuk memastikan, pada command prompt, ketikkan lagi perintah: ATTRIB -R -A -S -H /S /D lalu tekan ENTER
    • OK sekarang “everything is OK”, proses mengembalikkan folder-folder yang disembunyikan sudah berhasil dilakukan.
  7. Kembali ke Windows Explorer, coba sekarang anda perhatikan lagi isi di dalam flashdisk-nya :
  8. Coba bandingkan gambar pada langkah No.7 dengan gambar pada langkah No.5 diatas. Icon-icon folder di gambar langkah No.7 tampak sudah jelas (tidak buram seperti icon-icon folder di gambar langkah no.5). Selanjutnya adalah tinggal mendelete shortcut-shortcut dan file-file yang tidak
  9. diperlukan. Ini contoh hasil akhirnya

Semoga Berhasil . ^_^ .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar