Rabu, 03 April 2013

TQM

Definisi ServQual
 Menurut Muji Gunarto ServQual adalah Salah satu pendekatan kualitas pelayanan yang populer dijadikan acuan dalam riset pemasaran. ServQual dibangun atas adanya perbandingan dua faktor utama, yaitu persepsi pelanggan atas layanan nyata yang mereka terima (Perceived Service) dengan layanan yang sesungguhnya yang diharapkan/diinginkan (Expected Service). Jika kenyataan lebih dari yang diharapkan, maka layanan dapat dikatakan bermutu, sedangkan jika kenyataan kurang dari yang diharapkan, maka layanan dikatakan tidak bermutu. Apabila kenyataan sama dengan harapan maka layanan tersebut memuaskan. Dengan demikian service quality dapat didefinisikan sebagai seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima/peroleh. Harapan para pelanggan pada dasarnya sama dengan layanan seperti apakah seharusnya diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan. Harapan para pelanggan ini didasarkan pada informasi dari mulut ke mulut, kebutuhan pribadi, pengalaman di masa lampau, dan komunikasi eksternal (iklan dan berbagai bentuk promosi perusahaan lainnya).
http://mujigunarto.wordpress.com/2009/01/02/pengertian-servqual-by-muji-gunarto/

 Service quality adalah terpusat pada pemenuhuan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketetapan penyampainnya untuk mengimbangi permintaan pelanggan. Ini menurut Tjiptono. Menurut wyckof sebagaimana dikutip olehTjiptono (2004). Kualitas jasa adalah tingkat keunggulan pada yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan.
http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=1&submit.x=0&submit.y=0&qual=high&fname=/jiunkpe/s1/masa/2008/jiunkpe-ns-s1-2008-36404141-10053-telkom_flexi-chapter2.pdf

 Menurut Zeithaml & Bitner (2003: 85) ServQual adalah evaluasi terfokus yang mencerminkan persepsi pelanggan terhadap dimensi spesifik layanan:. Kehandalan, daya tanggap, jaminan, Empati, tangibles Kepuasan, di sisi lain, lebih inklusif: hal ini dipengaruhi oleh persepsi kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga serta faktor-faktor situasional dan faktor pribadi ServQual akan mempengaruhi kepuasan pelanggan dengan memberikan performa (manfaat nyata). Misalnya, jika konsumen percaya bahwa mereka telah memasuki restoran McDonald's, mereka akan mendapatkan makanan, pelayanan, kualitas tinggi di mana-mana sama, tidak peduli lokasi restoran, dikemukakan oleh Millend M Lele (1995: 126).
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://hero-bussiness.blogspot.com/2009/12/definition-of-service-quality.html

SINTESIS
Menurut saya service Quality adalah suatu tugas yang harus dilakukan oleh setiap produsen yang melakukan bisnis untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan pelanggannya dalam bentuk pelayanan jasa yang memeliki criteria intensitas baik dalam bentuk informasi yang telah diterima bias dari mulut ke mulut, komentar, dan pujian yang datang dari para konsumennya. Tingkatan ServQual ini bsa sebagai ukuran keberhasilan dari aktifitas operasional yang dilakukan oleh para produsen atau perusahaan.

Definisi ISO 9001
 ISO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas. ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan - persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan - persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa). ISO 9001:2008 hanya merupakan standar sistem manajemen kualitas. Namun, bagaimanapun juga diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar).
Sumber :
http://forum.detik.com/arti-manfaat-iso-9001-system-manajemen-mutu-t72507.html?p=5437213

 ISO 9001 merupakan Quality Management System, atau sistem penjaminan mutu, adalah mekanisme standar yang disusun, disepakati, dan diterapkan oleh suatu organisasi dalam menjalankan roda perusahaan. Sistem ini secara gamblang akan menunjukkan bagaimana perusahaan beroperasi.
Sumber :
http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=13348

 ISO 9001 is standard is an international quality certification that defines minimum requirements for a company's Quality Management System (QMS). A company's QMS comprises the organization's quality manual, policies, procedures, processes and other requirements that ensure customer requirements are met with consistency resulting in customer satisfaction.
Sumber :
http://www.qcg-quality.com.au/?gclid=CIWGuY6Jy6cCFYQc6wodBXkyDA

SINTESIS
Menurut saya ISO 9001 adalah pengakuan kualitas standar perusahaan dari produk yang dihasilkan dari beberapa sistem yang dimiliki perusahaan tersebut, dengan adanya standarisasi ini maka perusahaan akan dapat menjalankan aktifitas produksinya.

Definisi Manajemen Mutu
 Menurut Edward Sallis (1993:13) bahwa “Total Quality Management is a philosophy and a methodology which assist institutions to manage change and set their own agendas for dealing with the plethora of new external pressures.” Pendapat di atas menekankan pengertian bahwa manajemen mutu merupakan suatu filsafat dan metodologi yang membantu berbagai institusi, terutama industri dalam mengelola perubahan dan menyusun agenda masing-masing untuk menanggapi tekanan-tekanan faktor eksternal.
Sumber:
http://edu-articles.com/lama/cetak.php?id=45

 Manajemen Mutu adalah aspek-aspek dari fungsi manajemen keseluruhan yang menetapkan dan menjalankan kebijakan mutu suatu perusahaan/organisasi. Dalam rangka mencukupkan kebutuhan pelanggan dan ketepatan waktu dengan anggaran yang hemat dan ekonomis, seorang manager proyek harus memasukkan dan mengadakan pelatihan management kualitas. Hal hal yang menyangkut kualitas yang di maksud diatas adalah Produk / pelayanan / proses pelaksanaan serta proses management proyek itu sendiri.
Sumber:
http://huangcorp.wordpress.com/2008/04/29/manajemen-kualitas-quality-management/

 Singkatnya manajemen mutu dapat dijelaskan sebagai tindakan yang diusulkan diambil setelah mengetahui perbedaan atau kekurangan antara kondisi saat ini dan tingkat yang diharapkan yang ditetapkan oleh standar kualitas.
Sumber:
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.management-hub.com/quality-management.html

Sintesis
Menurut saya manajemen mutu adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk bertujuan menjamin serta meningkatkan kualitas suatu produk atau jasa dari suatu perusahaan, yang telah direncanakan sebelumnya oleh suatu peruahaan tersebut, dalam memenuhi permintaan pasar dan memenuhi kebutuhan para pelangganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar