Kamis, 09 Mei 2013

Cara Membaca Spesifikasi Laptop


Cara Membaca Spesifikasi Laptop

Setelah anda tahu jenis kebutuhan dan telah menentukan jenis laptop yang ingin dibeli, selanjutnya adalah bagaimana menentukan spesifikasi yang tepat untuk kebutuhan anda. Tentu sebelumnya anda harus mengerti sedikit tentang hal teknis.
Banyak orang yang menganggap jika membeli laptop, hanya melirik dari merknya saja. Mereka menganggap bila mereknya terkenal maka sudah pasti spesifikasinya bagus. Padahal
hampir tidak semua begitu. Inilah kesalahan banyak orang dalam membeli laptop. Merek yang terkenal belum tentu spesifikasi yang di tawarkan cocok untuk anda. Jadi sebelum membeli, penting sekali anda melihat spesifikasi laptop tersebut apakah sesuai dengan kebutuhan anda.
Apakah membaca spesifikasi membutuhkan pengetahuan teknis? Yah itu benar. Tetapi anda tidak perlu menjadi seorang teknisi untuk mengerti spesifikasi dari sebuah laptop. Orang awam sebenarnya juga bisa menentukan spesiifikasi laptop yang cocok untuk kebutuhan mereka. Tak perlu membutuhkan pengetahuan teknis yang mendalam. Untuk anda yang pemula, saya akan beri tahu cara membacanya. Berikut adalah contoh spesifikasi laptop :
Processor Intel Core i3-2310M Processor (2.10 GHz, Cache 3M)
Sistem Operasi Microsoft Windows 7 Home Premium
RAM 2 GB DDR3 SODIMM PC-10600
Chipset Intel HM65
Hard Drive 500 GB (SATA)
Optical DVD±RW
Display 13.3 HD Clear SuperView LED Backlight Display
Video Card nVidia GeForce 315M – 1GB
WiFi IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
Pengertian dari spesifikasi diatas adalah seperti berikut :
  • Processor adalah otak dari sebuah komputer/laptop. Inilah spesifikasi yang paling penting dan yang paling pertama harus anda lihat. Pada contoh diatas tertulis  Intel Core i3-2310M.artinya prosesor tersebut bermerek intel dengan seri core i3-2310m. Selain intel, dipasaran adapula prosesor yang bermerek AMD. Mana yang lebih bagus? Semua punya kelebihan masing-masing. Namun sekarang ini bisa dibilang intel yang memimpin pasar prosesor. Karena mereka mempunyai kelebihan produk yakni intel tidak cepat panas. Namun bila budget anda terbatas dan tidak sering menggunakan laptop dalam waktu lama, memilih prosesor AMD merupakan hal yang bijak.  Core i3 adalah prosesor seri terbaru intel pada saat artikel ini dibuat. Seri i ada 3 macam, yakni i3, i5, dan i7. 2310m artinya prosesor tersebut menggunakan arsitektur sandy bridge. Anda yang awam tak perlu terlalu memperhatikan kode tersebut (karena tidak terlalu penting). Selanjutnya ini adalah tulisan yang penting anda lihat, 2.10 GHz, Cache 3M. Maaf saya tidak bisa lebih banyak menerangkan karena keterbatasan ruangan ^_^ . Intinya semakin tinggi kedua angka tersebut, semakin cepat pula kinerja prosesor.

  • Sistem operasi (saya singkat OS), adalah spesifikasi software yang tertanam dalam laptop. Orang-orang sekarang mengenal OS yah hanya satu, windows. Ada laptop yang sudah ditanam OS dari pabriknya. Ada juga laptop yang belum dipasang OS atau istilahnya non-os. Harga untuk laptop non-os cenderung lebih murah daripada yang sudah terdapat OSnya. Untuk anda yang masih awam saya sarankan melihat apakah laptop yang ingin dibeli sudah tertanam OS atau belum (bhasa gptek : tanya aja udah ada windowsnya atau belum?). Lebih baik anda membeli laptop yang sudah tertanam OS dari pabriknya sehingga lebih terjamin Originalitasnya. Untuk OSnya saat artikel ini di tulis lebih baik anda memilih yang sudah windows 7 (tapi kalau disaat anda membeli sudah dirilis windows 8, lebih baik pilih itu ^_^).

  • RAM adalah memori untuk menyimpan data sementara. Contoh diatas tertulis  2 GB DDR3SODIMM PC-10600 . Huruf yang saya cetak tebal adalah hal yang perlu anda perhatikan saat membeli. 2GB artinya adalah kapasitas penampung memori sementaranya. Saat artikel ini dibuat, bila anda membeli notebook lebih baik memilih minimal berkapasitas 4GB. Untuk netbook rata-rata 2GB juga sudah cukup. DDR3 adalah spesifikasi modul yang digunakan. Untuk anda yang awam tak usah terlalu mempermasalahkan spesifikasi modulnya. Yang penting sudah DDR3 semua beres, hehe.  Yah intinya semakin tinggi angka kapasitas memorinya, semakin bagus jadinya.

  • Chipshet adalah sekumpulan chip yang berfungsi mengatur jalur komunikasi antara Procecor dan motherboard (~_~, kalau bahasanya terlalu teknis anda bisa melewatkan bagian ini, karena tidak terlalu penting juga).

  • Hard Drive, adalah media penyimpanan data. Ini juga bagian yang perlu anda pertimbangkan. Pada contoh diatas tertulis 500 GB (SATA). Bagian yang saya cetak tebal adalah adalah hal penting yang perlu anda perhatikan. Gampangnya semakin tinggi angkanya, semakin banyak pula data pada laptop yang bisa disimpan. Sedangkan SATA adalah jenis interface transfer data media penyimpanan (anda cukup tahu saja, yang penting sudah SATA, ^_^). Yang penting semakin tinggi angkanya, semakin bagus.

  • Optical, adalah tempat untuk memutar DVD. Untuk anda yang membeli notebook, untuk anda yang ingin membeli netbook. bisa melewatkan bagian ini. Optical adalah spesifikasi yang cukup anda perhatikan. Pada contoh diatas tertulis DVD±RWDVD artinya optical tersebut bisa membaca kepingan DVD dan RW artinya optical tersebut bisa melakukan aksi baca-tulis pada DVD yang dimasukan. Pada zaman tulisan ini dibuat, sudah ada optical drive yang bisa membaca kepingan blue-ray. Kalau bisa anda yang ingin membeli notebook, cari optical yang sudah bisa membaca blue-ray.

  • Display, rasanya tidak terlalu penting. kita lanjut saja yah. (capek ngetik.)

  • Video card, atau  bahasa yang sering diucapkan adalah VGA Card. Anda cukup bilang VGA saja kepada penjual laptop, mereka rata-rata pasti sudah mengerti. Apa itu VGA? Nah, ini adalah bagian favorit saya. Namun hanya untuk anda yang ingin membeli laptop untuk kebutuhanGaming, Cad, dan Multimedia tingkat tinggi. Ini adalah spesifikasi super penting. Bahkan menurut saya, lebih pertama dilihat daripada prosesor. Sebab VGA adalah sebuah alat untuk menampilkan gambar kelayar monitor. Semakin bagus suatu VGA, semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan. Pada contoh diatas tertulis nVidia GeForce 315M – 1GB. nVidia adalah merek dari sebuah VGA. Ada dua merek yang cukup terkenal, yakni nVdia dan ati Raedon. Mana yang lebih bagus? Bukan masalah merek, tapi tergantung spesifikasinya. Untuk spesifikasi VGA, saya tidak bisa memberi penjelasan detail disini. Yang penting sekarang anda melihat kapastias memori VGA tersebut. Yang mana? yang saya cetak tebal berikut ini, nVidia GeForce 315M – 1GB. Itu adalah kapasitas memori VGA, semakin besar biasanya semakin bagus pula. Walaupun ada faktor lain yang menentukan bagus atau tidaknya, untuk pemula disarankan melihat berdasarkan kapasitas memorinya saja.

Itulah cara membaca spesifikasi dari sebuah laptop. Satu hal yang perlu diperhatikan. Jangan memilih laptop berdasarkan merek, tapi pilihlah spesifikasi yang tepat untuk kebutuhan anda. Hapuskan dari pikiran anda tentang brand mind. Itu berbahaya… ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar