Minggu, 02 Desember 2012

Anggaran Utang


PENYUSUNAN ANGGARAN UTANG & MODAL


PENYUSUNAN ANGGARAN UTANG DAN MODAL

1.    DEFINISI
Utang disebut juga dengan modal asing, sedangkan modal disebut juga dengan modal sendiri atau ekuitas. Jadi modal tediri atas modal asing dan modal sendiri. Modal asing disebut juga dengan modal modal eksternal dan modal sendiri disebut juga dengan modal internal.

2.    ISI
Anggaran utang adalah anggaran untuk memperoleh dan membayar utang. Utang kebalikan dari piutang. Utang adalah kewajiban debitor (peminjam) untuk melaksanakan sesuatu kepada kreditor (pemberi pinjaman) selama jangka waktu tertentu.
Jenis-jenis utang
Utang terdiri atas :
v  utang jangka pendek (short term debt)
v  Utang jangka panjang (long term debt)
v  Utang obligasi (bonds debt)
            Dari segi manajemen keuangan, utang jangka pendek diartikan sebagai utang yang harus diselesaikan dengan menggunakan harta lancar atau pembentukan kewajiban lainnya.
            Utang dagang berbeda dengan utang usaha. Utang dagang digunakan hanya untuk perusahaan dagang, sedangkan utang usaha digunakan untuk bermacam perusahaan.
Manfaat Utang dan Modal
Ø  Kemajuan perusahaan bila utang tersebut dikelola dengan baik.
Ø  Ekspansi kegiatan perusahaan dan kegiatan produksi
Ø  Sebagai modal kerja
Ø  Untuk membiayai aset tak lancar

Penyusunan Anggaran Modal
Modal yang dimaksud adalah modal sendiri. Penyusunan anggaran modal berupa anggaran perubahan modal. Anggaran perubahan modal antara badan usaha yang satu dengan lainnya berbeda.

Bentuk badan usaha di Indonesia terdiri atas:
1)      Perusahaan Perseorangan
2)      Firma
3)      Persekutuan Komanditer
4)      Perseroan Terbatas
5)      Koperasi

3.    RANGKUMAN
Utang meliputi utang jangka pendek dan utang jangka panjang. Utang jangka pendek adalah utang yang jangka waktunya tidak lebih dari satu tahun, seperti: utang usaha, beban terutang, utang wesel, dan lain-lain. Utang jangka panjang adalah utang yang jangka waktunya lebih dari satu tahun, seperti utang obligasi.
Utang jangka pendek digunakan untuk membelanjai modal kerja (aset lancar), sedangkan utang jangka panjang digunakan untuk membelanjai aset tak lancar. Belanja aset lancar dan aset tak lancar ini dapat digunakan untuk kegiatan ekspansi, yaitu memperluas kegiatan produksi dan pemasaran untuk meraup laba sebanyak mungkin. Kegiatan ekspansi juga akan memperbesar utang.
Struktur modal mempengaruhi besar kecilnya utang. Semakin besar modal sendiri maka semakin besar kesempatan memperoleh utang yang besar. Sebaliknya, semakin kecil modal sendiri yang dimiliki maka semakin kecil kemungkinan memperoleh utang yang besar.
Struktur modal antara badan usaha yang satu dengan badan usaha yang lain berbeda. Di Indonesia dikenalk beberapa badan usaha, antara lain: perusahaan perseorangan, firma, persekutuan komanditer (CV), perseroan terbatas (PT), dan koperasi.

4.    DAFTAR ISTILAH
Beban terutang, merupakan pos akrual, yaitu utang sebagai akibat pengakuan beban pada sata terjadinya walaupun belum dibayar.
Dividen adalah bagian laba untuk pemegang saham.
Ekspansi adalah perluasan perusahaan.
Firma adalah badan usaha yang dimiliki lebih dari satu orang dan setiap pemilik bertanggung jawab penuh terhadap perusahaan.
Koefisien utang adalah angka perbandingan antara jumlah modal asing dengan modal sendiri tidak boleh melebihi 1:1.
Koperasi adalah badan usaha yang modalnya dari anggota berupa simpanan pokok, simpanan wajib, dan unsur modal lainnya.
Kredit investasi adalah kredit untuk keperluan memperoleh barang modal yang merupakan kredit berjangka panjang.
Kredit modal kerja adalah kredit untuk keperluan modal kerja, yaitu keperluan untuk membiayai usaha sehari-hari atau untuk keperluan memperoleh aset tak lancar.
Laba ditahan adalah laba yang belum ada tujuannya.
Obligasi biasa adalah obligasi yang bunganya tetap dibayar oleh debitor dalam waktu tertentu, tanpa memandang debitor memperoleh laba atau menderita rugi.
Obligasi hasil adalah obligasi yang bunganya dibayar debitor bila debitor memperoleh laba, tetapi kreditor mempunyai hak kumulatif atas bunga.
Obligasi yang dapat ditukarkan adalah obligasi yang memberikan kesempatan kepada pemegang obligasi (kreditor) untuk menukarkannya dangan saham dari perusahaan pembuat obligasi.
Persekutuan komanditer (CV) adalah badan usaha yang terdiri atas sekutu aktif dan sekutu pasif.
Perseroan terbatas (PT) adalah badan usaha yang modalnya terdiri atas saham dan pemegang saham bertanggung jawab terbatas pada saham yang disetorkan.
Perusahaan perseorangan adalah badan usaha yang dimiliki oleh satu orang.
Prive adalah penarikan aset perusahaan untuk keperluan pribadi pemilik perusahaan.
Utang adalah kewajiban debitor (peminjam) untuk melaksanakan sesuatu kepada kreditor.
Utang dagang adalah utang yang terjadi sebagai akibat membeli barang dagangan secara kredit.
Utang jangka panjang adalah utang yang berjangka waktu lebih dari satu tahun.
Utang jangka pendek adalah utang yang berjangka waktu sampai satu tahun.
Utang obligasi adalah utang uang untuk jangka waktu lebih dari satu tahun yang dikeluarkan debitor dalam bentuk surat pengakuan utang yang mempunyai nilai nominal tertentu.
Utang usaha adalah utang yang terjadi sebagai akibat membeli barang/jasa secara kredit untuk keperluan rutin.
Wesel bayar adalah utang wesel yang merupakan kebalikan piutang wesel.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar